Materi perangkat pembentuk jaringan wan




Perbedaan Hub dan Switch

Switch ialah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan.
Hub ialah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan. (Hub juga sering dikenal dengan nama repeater)
Switch dan Hub sebenarnya memiliki fungsi yang sama, karena dengan menggunakan salah satu diantaranya kita tetap bisa membuat Jaringan Komputer, tapi penggunaan Switch akan lebih cepat daripada Hub apalagi bila jaringan yang kita punya sangat besar.
Perbedaan Hub dan Switch

Perbedaan Hub dan Switch

“Perbedaan Hub dan Switch” terletak dari bagaimana packet data / informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk atau datang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke Jaringan.

Tetapi lain halnya dengan Switch, ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yang berkepentingan menerima data tersebut.
Penggunaan Switch akan memotong penggunaan bandwith jaringan anda secara signifikan, terutama bila kita memiliki jaringan dengan banyak komputer dan semuanya sibuk untuk mengirim dan menerima data disaat bersamaan. Keunggulan switch yang lain ialah data akan lebih aman dari aksi pencurian data dengan cara sniffer.
Perbedaan antara hub dan switch




PENGERTIAN ROUTER
 Router adalah suatu alat yang memiliki kemampuan melewatkan paket ip dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur di antara keduanya.Router –router yang saling terhubung dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk menentukan jalur terbaik yang di lalui paket ip dari sistem ke sistem lain.Proses routing di lakukan secara hop by hop (estafet)
 Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan antar jaringan komputer yang berbeda segmen (ip address/network address)
 FUNGSI ROUTER :
·         Membaca alamat logika /ip address source (sumber) dan destination (tujuan) untuk menentukan routing dari satu LAN ke LAN lainnya.
·         Menyimpan routing table untuk menentukan rute terbaik antara LAN ke WAN.
·         Perangkat di layer 3 OSI layer
·         Bisa berupa “BOX” atau sebuah operasi sistem yang menjalankan sebuah daemon routing
·         Interfaces ethernet,serial,ISDN BRI



PENGERTIAN GATEWAY
 Gateway adalah pintu gerbang sebagai keluar-masuknya paket data dari local network menuju outer network.Tujuannya agar clien pada local network dapat berkomunikasi dengan internet.Router dapat di seting menjadi gateway di mana ia menjadi penghubung antara jaringan local dengan jaringan luar.

PENGERTIAN PROXY SERVER

 Proxy server adalah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet.
Atau definisi lain yaitu server atau program komputer yang mempunyai peran sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.
FUNSI – FUNGSI PROXY SERVER
·         Fungsi conecting sharing
Sebagai penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu alamat ip dan di antarkan ke alamat ip lainnya ataupun kepada ip komputer user
·         Fungsi filtering
Terdapat beberapa proxy yang di lengkapi dengan firewall yang dapat memblokir beberapa atau sebuah alamat ip yang tidak di inginkan
·         Fungsi caching
Proxy juga di lengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web dari query ataupun permintaan akses user

HAL –HAL YANG DAPAT DI LAKUKAN OLEH WEB PROXY

Web proxy adlah komputer server yang bertindak sebagai komputer lainnya berfungsi untuk melakukan request terhadap konten dari suatu jaringan internet ataupun jaringan intranet.
·         Dapat menyembunyikan alamat ip address
·         Dapat di pakai untuk mengakses suatu website yang telah di buka oleh ISP (Internet Service Provider) atau oleh suatu organisasi
·         Dapat di gnakan untuk men-blok beberapa atau sebuah web site yang nantinya tidak dapat di akses.
·         Dapat men-filter cooies yang tidak di iginkan dan seluruh cookies yang tersimppan di encrypt.
·         Dan dapat meningkatkan keamanan privacy pengguna

 
PENGERTIAN FIREWALL

 Firewall adalah sistem keamanan yang menggunakan device atau sistem yang di letakan di dua jaringan dengan fungsi utama melakukan filtering terhadap akses yang akan masuk.Berupa perangkat hardware atau software,bisa juga berupa seperangkat aturan dan prosedur yang di tetapkan oleh organisasi.
FUNGSI ATAU KEGUNAAN FIREWALL
·         Untuk mengontrol atau mengawasi paket data yang mengalir di dalam jaringan,firewall harus dapat mengatur,memfilter maupun mengontrol lalu lintas data yang di izin untuk mengakses jaringan privat yang di lindungi oleh firewall
·         Firewall juga harus dapat melakukan pengecekan atau pemeriksaan terhadap paket data yang akan melewati jaringan privat.
·         Melakukan autentifikasi terhadap akses
·         Firewall dapat memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data,kemampuan ini menuntut firewall untuk bisa mendeteksi protokol aplikasi tertentu
·         Mencatat setiap transaksi berbagai kejadian yang terjadi di firewall.Ini memungkinkan dapat membantu sebagai pendeteksi dini akan kemungkinan pembobolan jarinagan.

0 komentar:

Posting Komentar